KEMENPAREKRAF LSP MUSIK, PAPPRI DAN PEMKAB MINUT LAKSANAKAN SERTIFIKASI MUSIK.

KEMENPAREKRAF LSP MUSIK, PAPPRI DAN PEMKAB MINUT LAKSANAKAN SERTIFIKASI MUSIK.
Sebanyak 100 orang Penyanyi dan Pemusik di Sulawesi Utara, khususnya di Kabupaten Minahasa Utara, mengikuti program sertifikasi profesi musik. Termasuk didalamnya seniman tradisional Kolintang yang merupakan kebudayaan khas daerah Sulawesi Utara yang perlu dilestarikan.
Sertifikasi kompetensi ini merupakan pengakuan negara terhadap keahlian yang dimiliki warga negaranya di satu profesi tertentu yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi.
Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) memanfaatkan sertifikasi musik ini sehingga anggotanya sangat antusius bersama insan musik lainnya mengikuti kegiatan ini di JG Center sejak tanggal 17 sampai 18 Maret 2022. Sebagai penguji didatangkan Asesor dari LSP Musik di Jakarta dibantu Asesor daerah. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan setelah sebelumnya pada tahun 2020 dilaksanakan di kota Manado.
Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, SE, yang juga adalah Ketua DPD PAPPRI Sulawesi Utara, dalam sambutannya yang saat membuka kegiatan dibacakan oleh Asisten 2 Pemkab Minut menyampaikan apresiasi, dan bangga serta mengucapkan selamat datang kepada Direktorat Standarisasi Kompetensi Deputi Bidang Sumberdaya Dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di Kabupaten Minahasa Utara. Suatu kepercayaan dan penghargaan bagi kami, sehingga boleh bertemu dengan orang-orang hebat, smart berdedikasi dan beredukasi.
Pemerintah kabupaten Minahasa Utara berterima kasih atas kunjungan ini, dan berterima kasih telah memilih kabupaten Minahasa Utara untuk kegiatan ini, untuk pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Likupang, dan untuk mengembangkan kreativitas sumber daya manusia berdasarkan budaya, khususnya musik.
Kompetensi dan sertifikasi tentunya perlu disamakan persepsinya, sebagai standard kompetensi nasional, sehingga kompetensi profesi di Minahasa Utara, akan sama standard kemampuan dengan profesi yang sama se Indonesia, dan bermuara pada pengembangan pariwisata ekonomi kreatif dan pelaku kreatif, yang memiliki sertifikasi bidang musik, yang dapat meningkatkan kualitas, kuantitas dan karya sehingga dapat dihargai.
Atas nama pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, menyambut dengan baik kegiatan ini, karena kemajuan destinasi pariwisata tidak lepas dari pengaruh musik, ataupun gelaran konser-konser musik di masa mendatang.
Biarlah kegiatan ini akan menambah, inovasi, sinergitas, karya dan kreasi dalam pengembangan Destinasi Super Prioritas Likupang.
Kemenparekraf sebagai instansi pembina sub sektor musik memfasilitasi kegiatan ini sehingga peserta dapat mengikutinya tanpa dipungut biaya. Sulaeman dari Direktorarat Standarisasi Kompetensi Kemenparekraf menegaskankan bahwa pilihan Minahasa Utara sebagai tempat uji kompetensi terkait dengan Likupang yang merupakan destinasi pariwisata super prioritas. Destinasi pariwisata tidak terpisahkan dengan industri entertainment musik sehingga perlu dukungan musisi yang berkualitas. Para pengusaha horeka (hotel restoran kafe dll) sebagai pengguna jasa entertinment dapat merekrut pemusik sesuai dengan kebutuhannya berdasar kualifikasi pada sertifikat kompetensi.
Direktur LSP Musik Johnny W. Maukar, menyampaikan penghargaan setinggi tingginya krpada Pemkab Minahasa Utara, khususnya kepada Bupati Joune Ganda yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan ini dan memfasilitasi tempat uji kompetensi di gedung JG Centre Desa Matungkas Kecamatan Dimembe, beliau berharap program program terkait perkuatan ekosistem musik dapat ditingkatkan untuk menjadikan Likupang sebagai tujuan wisata internasional yang nyaman mempesona. Dengan Standarisasi Direktorat Kompetensi Deputi Bidang Sumber Daya Dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, dan yang akan hadir, Direktur LSP Johnny William Maukar, Ketua Dewan pengarah Badrut Tamam Hoesein, Manajer Mutu/Asesor Ibu. Milla Rossa, Asesor Bpk. Amir Wiji Mulyadi, Asesor Bpk. Cendirandus Luntungan, dan Tedd Landung Serifikasi Musik ini dihadiri Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Asisten 2 Pemkab Minut, Kadis Kominfo Minut, Kadis Pariwisata Minut.

About superadmin

Check Also

Apel Korpri Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara

““ Kamis, (17/03/2022) – Para Asisten dan Staff Ahli, Kepala-Kepala OPD beserta ASN yang ada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.