Bupati Minahasa Utara Menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Investasi, dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Rabu (30/11/2022)

Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022 dilaksanakan oleh Kementrian Investasi /Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, mengangkat Tema “Hilirisasi dan Kemitraan Untuk Investasi Berkeadilan, dengan fokus agenda pencapaian target realisasi investasi secara nasional pada tahun 2023 sebesar Rp.1.400 triliun.

Dalam rakor tersebut Presiden RI Joko Widodo mengingatkan terkait urusan inflasi, pertumbuhan ekonomi, krisis energi, krisis pangan, yang diikuti dengan sulitnya mencari pupuk, serta krisis finansial, menghantui semua negara termasuk Indonesia.

“Oleh sebab itu dalam menakhodai situasi yang sulit ini semuanya harus hati-hati, kebijakan semuanya harus hati-hati. Jangan sampai keliru, jangan sampai salah. Begitu salah, risikonya gede sekali,” tegas Presiden.

Presiden juga menekankan dalam kondisi sekarang ini, investor menjadi rebutan semua negara untuk mendorong arus modal masuk. Sehingga, pemerintah pusat maupun daerah tidak boleh ada yang mempersulit masuknya investasi.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia mengatakan hilirisasi yang dilakukan itu tidak hanya untuk menguntungkan pengusaha-pengusaha investor saja, tapi juga adalah kolaborasi dengan pengusaha daerah dan UMKM yang ada di daerah agar tumbuh bersama-sama, sehingga menciptakan investasi yang berkeadilan.

Bahlil Lahadalia melanjutkan, untuk total investasi saat ini sudah Rp.904 triliun atau 77,4 persen dan Rp 1.200 triliun yang ditargetkan tahun 2022 ini segera akan tercapai. Ini sejalan dengan arahan Mekeu, untuk pertumbuhan ekonomi kalau di atas 5,3 persen pertumbuhan investasi kita harus 6 persen. Sekarang baru 5 persen, dan 6 persen akan tercapai kalau DAK ditambah lagi pasti akan mencapai target.

Hadir mendampingi Presiden dalam acara tersebut , Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jendral TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Bpk. Pramono Anung, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Jendral Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, beserta seluruh kepala-kepala daerah seluruh Indonesia. (Humas Minut).

About superadmin

Check Also

Pantau Wilayah Terdampak Banjir, Bupati Minahasa Utara bersama Kapolres Turlap Ke Desa Patokaan, Desa Warisa dan Desa Warisa Kampung Baru Kecamatan Talawaan. Sabtu, 28 Januari 2022.

Pantau Wilayah Terdampak Banjir, Bupati Minahasa Utara bersama Kapolres Turlap Ke Desa Patokaan, Desa Warisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *